Persiapan Mental dalam Public Speaking - Halimah Daily
Banner IDwebhost

Home Top Ad

Post Top Ad

Thursday, October 19, 2017

Persiapan Mental dalam Public Speaking

Public Speaking : Foto By Google
Sebelum tampil di depan umum, ada banyak hal yang perlu di persiapkan. Terutama mental yang kuat.

Pertanyaannya, jika sudah mampu menghilangkan rasa gugup atau takut, apakah secara otomatis kita sudah menjadi pembicara yang baik?


Apa jawaban kamu?

Ya, It’s oke jika kamu berpendapat bahwa jawabanmu adalah “tidak”. Alasannya mungkin karena orang yang sudah percaya diri juga harus belajar teknik berbicara agar mampu menguasai forum. Bukan begitu?

Dan oke-oke saja jika jawaban kamu adalah “ya”. Berarti kamu berasumsi bahwa permasalahan terbesar dalam diri seorang komunikator adalah rasa nervous. Jika sudah teratasi masalah itu, maka segalanya menjadi gampang. Benar?


Kedua jawaban tadi tidak ada yang salah. Memang setiap kita punya sudut pandang tersendiri dalam menyikapi masalah.

Berikut ada sedikit tips buat kamu yang ingin penampilan perdana di hadapan public terlihat mengesankan. Langsung aja yuk, cekidot!


1. Persiapkan fisik. Ini penting, sebab berbicara di hadapan umum harus punya power. Maka persiapkan diri dengan istirahat dan tidur yang cukup. Supaya kamu siap untuk “bertarung”.

2. Persiapan psikis. Ini tentang mental kita. Sangat dianjurkan untuk datang lebih awal ke tempat acara atau forum itu, untuk mengetahui suasana dan keadaan. Kemudian yakinlah bahwa kamu adalah bintangnya. Jangan berpikir negatif tentang audiens.

3.  Persiapan materi. Tujuan utama kita berdiri di hadapan public tentu ingin menyampaikan materi atau pesan. Apa pesannya? Tentu harus sesuai dengan tema acara tersebut.

Nah itu dia tiga persiapan sebelum berbicara di hadapan public. Sebenarnya bisa juga di terapkan untuk presentasi makalah di ruang kelas belajar. Dan berbagai kegiatan lainnya. Semoga bermanfaat.


Salam komunikasi. ^_^

No comments:

Postingan Terbaru

Hey, Kok Sedih? Perlu Sedikit Motivasi Untuk Move On?

Halimahdaily.com - Bukan begini cara menjalani hidup. Membuang banyak waktu dengan bertanya 'apa salahku?'. Tak perlu tanyakan i...

Translate

Post Bottom Ad

Halaman