Jangan Mengeluh Kepada Orang Yang Tidak Mengenalmu! - Halimah Daily
Banner IDwebhost

Home Top Ad

Post Top Ad

Sunday, January 13, 2019

Jangan Mengeluh Kepada Orang Yang Tidak Mengenalmu!


Halimahdaily.com - Seorang sepupu dari sebrang pulau memberi kabar duka, suaminya meninggal, anaknya masih bayi mungil. Dia mengadu pada saya, saya tidak tahu harus bagaimana.

Saya bingung harus melakukan apa, sebab saya benar-benar tidak mengenal sepupu saya ini.


Jujur, hubungan kami selama ini tidak terlalu intens. Kami hanya pernah bertegur sapa via WA sekedar basa-basi bertanya kabar keluarga.

Saya sendiri tidak pernah melihat wajahnya langsung, hanya foto yang di posting di medsos miliknya. Itu saja tentu tidak membuat saya merasa bahwa kami saling mengenal. Apalagi kami terpisah sudah puluhan tahun. Terakhir saya berjumpa dengan dia, mungkin saat saya kelas 1 SD, dan sepupu saya ini mungkin masih bayi.

Orang tua saya meninggalkan kampung halamannya dan tidak pernah kembali. Saya sendiri hidup di rantau bersama orang tua saya tanpa pernah merasakan kehangatan keluarga besar. Bagaimana rasanya disayang nenek-kakek, saya tidak pernah merasakannya. Apalagi saudara sepupu? Saya nyaris tidak tahu bagaimana seharusnya saya berinteraksi dengan mereka.

Itulah sebabnya saya selalu canggung saat kami mengobrol via telpon. Saya tidak tahu mau bertanya apa dan harus bicara apa. Kebanyakan sepupu saya sudah pada menikah. Sementara saya masih asyik ngejar-ngejar pendidikan. Boro-boro mikirin jodoh?

Bagaimana caranya menanggapi pembicaraan yang tidak ingin kita dengar? Sedangkan kita tidak bisa mengabaikannya begitu saja, karena mereka saudara kita juga. Apalagi kabar duka. Suami meninggal, bagaimana rasanya? Saya sendiri masih jomblo. Benar-benar tidak mengerti harus apa.

Sebuah catatn untuk kita semua ;

Jangan pernah mengadu perihal duka kepada orang yang tidak kita kenal. Karena pembicaraan akan canggung, dan simpati yang kita dapatkan hanyalah sekedar basa-basi

Jika memang kita sangat butuh simpati, cukup beri kabar saja. jangan meminta saran, atau memperlihatkan kesedihan berlebihan. Itu saja.

No comments:

Postingan Terbaru

Hey, Kok Sedih? Perlu Sedikit Motivasi Untuk Move On?

Halimahdaily.com - Bukan begini cara menjalani hidup. Membuang banyak waktu dengan bertanya 'apa salahku?'. Tak perlu tanyakan i...

Translate

Post Bottom Ad

Halaman