Ternyata Ada Penyakit Makan Tanpa Sadar saat Sedang Tidur - Halimah Daily
Banner IDwebhost

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, April 25, 2018

Ternyata Ada Penyakit Makan Tanpa Sadar saat Sedang Tidur



Kebiasaan ngemil dimalam hari membuat berat badan naik dengan cepat, apalagi setelah makan langsung tidur. Bagaimana halnya dengan makan ketika tidur? Kebayang gak sih gimana lucunya makan sambil tidur?

Tapi, nyatanya ada loh penyakit yang membuat penderitanya makan tanpa sadar saat sedang tidur. Nama penyakit ini adalah Nocturnal Eating Disorder (NED). Penyakit ini dialami oleh gadis berusia 20-an bernama Kate Archibald.


Kate Archibald, menderita penyakit makan tanpa sadar saat sedang tertidur dan juga menderita parasomnia. Gabungan dua penyakit (Parasomnia dan NED) itu menyebabkan berat badan Kate naik mendadak dan sulit untuk diturunkan.

Kate awalnya merasa heran, mengapa berat badannya naik, sedangkan dia sangat berhati-hati terhadap pola makannya. Keheranannya terjawab suatu ketika saat dia terbangun dari tidurnya dan mendapati beberapa bungkus makanan di sekelilingnya.

Kate juga berkata, penyakitnya ini adalah efek samping obat-obatan yang dikonsumsinya dimasa kecil untuk pengobatan sindrom attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Obat ini meningkatkan selera makan, membuatnya terus merasa lapar.

Dr. John Winkleman, seorang pakar psikiatri di Fakultas Kedokteran Universitas Harvard, Cambridge Amerika Serikat memberitahu bahawa penyakit itu bermula dari masalah kesehatan seperti tekanan akibat trauma, kemurungan serta gangguan tidur. Beliau juga menambahkan penyakit ini erat kaitannya dengan sindrom makan saat malam atau Nocturnal Eating Sindrome (NES) namun perbedaannya sangat kentara antara NES dan Parasomnia.

Obat-obatan seperti topiramate dapat digunakan untuk merawat gangguan itu, karena obat tersebut  berfungsi di otak untuk mengurangkan rasa lapar.

So, kalo bangun tidur ada banyak bungkus makanan di sekelilingmu, bisa jadi semalaman kamu ngemil sambil tidur. Buru-buru periksa gih kedokter, hehe.

Baca Artikel Keren Lainnya di blog ini :
Review APP Text Fairy Buat Kamu Yang Malas Ngetik!
Cara Mudah Membuat Slide Powerpoint (2013) Menjadi Video
Teknik Pengambilan Gambar Dalam Sinematografi
20 Kata-Kata Motivasi Agar Semangat Berkerja

No comments:

Postingan Terbaru

Hey, Kok Sedih? Perlu Sedikit Motivasi Untuk Move On?

Halimahdaily.com - Bukan begini cara menjalani hidup. Membuang banyak waktu dengan bertanya 'apa salahku?'. Tak perlu tanyakan i...

Translate

Post Bottom Ad

Halaman