Bagaimana Caranya Agar Kita Mudah Mendapatkan Ide Menulis? - Halimah Daily
Banner IDwebhost

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, August 8, 2018

Bagaimana Caranya Agar Kita Mudah Mendapatkan Ide Menulis?


Halimahdaily.com--Pertanyaan tentang ide menulis selalu saya temui di group-group kepenulisan, di komentar-komentar blog yang memuat artikel tentang tips menulis, dan di seminar-seminar.

Pertanyaan tentang ide memang pertayaan yang umum. Bukan cuma penulis yang membutuhkan ide. Tapi semua orang, semua profesi butuh ide!

Ya, karena semua orang butuh ide, maka kita semua sejatinya sedang memburu ide dimana saja dan kapan saja. Dengan begitu, kita bisa saling mencuri ide satu sama lain.

Contohnya, saya!

Saya adalah pemburu ide sejati. Kenapa saya bilang begitu? Karena setiap hari saya mengaktifkan otak saya untuk berpikir : "bagaimana caranya segala sesuatu yang sala lihat, dengar dan rasakan bisa memberi saya ide untuk menulis?!".

Nah, karena saya selalu mencari ide, maka saya selalu mendapatkan hal keren setiap harinya. Bacalah artikel ini untuk mengetahui bagaimana saya menulis setiap hari --->Menulis Dengan Laptop VS Menulis Dengan Smartphone, Mana Yang Lebih Cepat?

Percayalah, ide menulis bagi saya sangat mudah didapat!

Saya cukup melakukan 3 hal.


Pertama, jalan-jalan, ikmati hidup, berkerja seperti biasa, dan tidur cukup tanpa harus bergadang.

Kedua, stalking-stalking di medsos, baca webtoon, baca-baca artikel di blog orang, seru-seruan main google translete untuk menterjemahkan beberapa situs asing, kemudian ketawa-ketawa karena baca artikel lucu.

Ketiga, nonton youtube. Nongrong lama-lama di chanell kesukaan, cari chanell baru yang dirasa keren, kalo udah bosan bisa cari filem layar lebar atau drama, pokoknya nonton deh!

Udah, gitu aja!

Apa kalian berpikir ketiga hal yang saya lakukan itu gak guna? Oh, iya. Tentu gak guna, kalau saya cuman sekedar bersenang-senang belaka.

Tapi, untungnya saya nggak gitu. Mubazir buang-buang waktu untuk itu semua, kalo gak dapat apa-apa!

Lalu, bagaimana caranya 3 hal tadi bisa mendatangkan ide nulis?

Bukankah sudah saya katakan, semua manusia sedang berburu ide. Kita bisa saja saling mencuri ide satu sama lain.

Maka, dari semua hal yang orang lakukan selalu bisa menginspirasi kita untuk melakukan hal lain yang lebih keren. Right?

Ketika saya membaca tulisan orang, menikmati alur tulisannya, mencoba memahami, meresapi, lalu ingin menulis yang baru.

Sama halnya ketika saya nonton youtube, drama, layar lebar, film pendek dan sebagainya. Saya bukan sekedar bengong, tapi saya juga berpikir ingin menulis sesuatu tentang itu!

Pada akhirnya, saat saya hanya jalan-jalan, berpergian kemana suka, have fun, bahkan ketika harus berkutat dengan pekerjaan, tetap saja saya punya banyak hal untuk ditulis.

Ide selalu muncul ketika kita berniat untuk memunculkannya!

So, jangan pernah lagi beralasan "aku gak punya ide untuk menulis!"

Sebenarnya bukan idenya gak ada. Tapi kamu yang gak niat untuk memunculkannya!

Masih butuh motivasi menulis? Klik disini -->Seberapa Sering Kamu Menganggap Bahwa Kamu Gak Berbakat Menjadi penulis?

No comments:

Postingan Terbaru

Hey, Kok Sedih? Perlu Sedikit Motivasi Untuk Move On?

Halimahdaily.com - Bukan begini cara menjalani hidup. Membuang banyak waktu dengan bertanya 'apa salahku?'. Tak perlu tanyakan i...

Translate

Post Bottom Ad

Halaman